BKP Sulut Dorong Peningkatan Keamanan Pangan Segar

Manado, KOMENTAR - Kondisi keamanan pangan segar di Propinsi Sulawesi Utara (Sulut) menurut Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Propinsi Sulut, Rene Hosang sampai saat ini masih diperhadapkan dengan persoalan belum adanya jaminan keamanan pangan produksi pangan segar yang sudah memenuhi standar keamanan pangan.
Di samping itu, kondisi sosial ekonomi masyarakat dan rendahnya penghargaan terhadap pangan yang aman, tak heran masih dijumpai penggunaan pestisida di atas Batas Maksimum Residu (BMR) dan bahan aktif lain yang dilarang. Kondisi ini juga menurut Hosang, berpengaruh pada impor buah dan sayuran yang belum pasti aman dikonsumsi yang disebabkan juga oleh karena belum optimalnya peran otoritas kompeten penanganan keamanan pangan segar.

“Pemerintah terus mendorong peningkatan keamanan pangan segar. Ini sejalan dengan fungsi BKP Sulut dalam melaksanakan pengkajian, penyiapan, perumusan kebijakan, pengembangan, pemantauan dan pengawasan keamanan pangan segar, sehingga penanganan keamanan pangan segar segera dilaksanakan,” jelas Hosang, Rabu (12/06) kemarin.
Dijelaskannya bahwa sampai saat ini pihaknya telah melakukan berbagai terobosan diantaranya melalui kegiatan sosialisasi tentang keamanan pangan segar kepada masyarakat baik para produsen maupun pedagang, maupun pelaksanaan pengawasan keamanan pangan segar melalui uji residu pestisida di Sulut melalui dana APBN bekerja sama dengan PT Sucofindo (Persero). Di mana sampel pangan segar diambil langsung dari petani produsen dari berbagai wilayah kecamatan sentra.
“Dari hasil uji residu pestisida yang dilakukan, pangan segar di Sulut pada umumnya relatif aman untuk dikonsumsi, walupun ditemukan ada residu, tapi masih di bawah BMR yang ditentukan, jadi mari kita produksi, distribusi dan konsumsi pangan yang aman,” imbaunya.(fly)

Add comment


Security code
Refresh

Written by Opex

News Most Viewed

Menag: Lesbian-Gay Tidak ...

Jakarta-Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin ...

ARTI SEBUAH KEMERDEKAAN ...

Baru-baru ini bangsa Indonesia merayakan ...

Belum dikerjakan, ...

Manado, KOMENTAR - Pemerintah Kota Manado ...

SHS Ragukan Kemampuan ...

Manado, KOMENTAR - Rolling pejabat eselon II ...

Sulut Catat Peserta ...

Tondano, KOMENTAR - Sulawesi Utara (Sulut) ...

Panin Bank Agen Penjual ...

 

PANIN Bank ditunjuk pemerintah sebagai ...

Locations

  • Kompleks Ruko Megamas, Blok IB No. 38, Manado
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.  
  • (0431) 879799

Gallery

      DAS KOTOR: Wakil Walikota Manado Harley AB Mangindaan melakukan pemantauan ke DAS Tondano di Kecamatan Sario, kemarin. Dalam pemantauan, wawali menemukan tumpukan sampah di areal DAS tersebut. Belakangan, wawali semakin intens turun lapangan untuk memantau kebersihan dalam rangka penilaian tahap pertama Adipura. Sedangkan Camat Sario diminta lebih pro aktif memantau sektor kebersihan dan keamanan wilayah.(*)