Didominasi Fakultas Kedokteran - Peserta SNMPTN 2013 Unsrat Meningkat

Manado, KOMENTAR - Jumlah peserta Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) di Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) tahun 2013 ini mengalami peningkatan signifikan, dibandingkan tahun 2012 lalu yang hanya dikisaran 4 ribuan peserta.
Dikatakan Rektor Unsrat Prof Dr Donald Rumokoy SH MH jumlah peserta yang masuk melalui Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) mencapai 5.921 calon mahasiswa. “Sesuai quota yang ditetapkan Unsrat hanya akan menerima sebanyak 2.500 calon mahasiswa,” katanya kepada wartawan, Rabu (27/03).
Adanya peningkatan jumlah peserta SNMPTN, maka dapat dipastikan seleksi akan berlangsung ketat. “SNMPTN yang diberlakukan di 2013 ini, sebelumnya merupakan jalur undangan. Sementara untuk ujian tulis  akan dilaksanakan melalui SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri, red),” kata Rumokoy.

Lanjut kata Rumokoy, jumlah lulusan SMA/MA dan SMK asal Sulut yang melanjutkan pendidikan, berdasarkan pengamatan yang ada, relatif minim. Pasalnya, berdasarkan data yang ada, Sulut bakal meluluskan 29 ribu siswa. “Jumlah tersebut tak sebanding dengan jumlah lulusan yang akan melanjutkan kuliah. Hal ini tentu saja sangat disayangkan,” ujarnya.
Tak itu saja, kepada para kepala sekolah yang diketahui tak mendaftarkan siswanya melalui PDSS, juga turut disesalkan. Pasalnya, hal ini akan menambahkan daftar siswa yang tak melanjutkan pendidikan. “Harusnya kepala sekolah yang tak memiliki perhatian seperti ini menjadi bahan evaluasi bagi kepala Dinas Pendidikan,” tegas Rumokoy.
Sementara itu dikatakan Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof Dr Ir Jeany Sh Polii-Mandang MS 5.921 calon mahasiswa yang tercatat sebagai peserta SNMPTN terdistribusi di 12 fakultas dengan kategori dua pilihan. Yakni pilihan pertama sebanyak 3.207 dan pilihan kedua 2.714 calon mahasiswa.
Menariknya, dari 12 fakultas yang ada, jumlah peminat tertinggi didominasi Fakultas Kedokteran. Sementara Fakultas Peternakan kurang peminat, karena yang terdaftar hanya 23 calon mahasiswa.(eda)

Add comment


Security code
Refresh

Written by Opex

News Most Viewed

Peraih Medali Perunggu ...

Manado, KOMENTAR - MAN Model Manado ...

ARTI SEBUAH KEMERDEKAAN ...

Baru-baru ini bangsa Indonesia merayakan ...

CAT digelar di Kantor ...

 


Manado, KOMENTAR - Pemerintah Kota ...

Gubernur dan Burgos ...

 


Manado, KOMENTAR - Gubernur Sulut Sinyo ...

Implementasi K13 Dinilai ...

Manado, KOMENTAR - Penerapan Kurikulum 2013 ...

Agustus, Manado Deflasi ...

SETIAP  bulan Agustus, sejak tahun 2009 ...

Locations

  • Kompleks Ruko Megamas, Blok IB No. 38, Manado
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.  
  • (0431) 879799

Gallery

      DAS KOTOR: Wakil Walikota Manado Harley AB Mangindaan melakukan pemantauan ke DAS Tondano di Kecamatan Sario, kemarin. Dalam pemantauan, wawali menemukan tumpukan sampah di areal DAS tersebut. Belakangan, wawali semakin intens turun lapangan untuk memantau kebersihan dalam rangka penilaian tahap pertama Adipura. Sedangkan Camat Sario diminta lebih pro aktif memantau sektor kebersihan dan keamanan wilayah.(*)