Mahasiswa S2 dan S3 Unsrat Diwarning Tingkatkan Kualitas Pengetahuan



Manado, KOMENTAR - Rektor Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado, Prof Dr Donald Rumokoy SH MH mewarning mahasiswa Program Pascasarjana, yang menempuh Pendidikan Magister (S2) dan Pendidikan Doktor (S3) untuk meningkatkan kualitas pengetahuannya.
“Mahasiswa S2 dan S3, berbeda dengan S1. Karena itu kualitas belajar mengajarnya harus ditingkatkan. Artinya, ketika menyelesaikan studi, lulusan S2 dan S3 pengetahuannya maupun proses pendisiplinannya harus lebih dalam. Jangan sama dengan yang lulusan S1,” ungkap Rumokoy di sela-sela pelaksanaan sidang senat terbuka penerimaan mahasiwa baru Program Pascasarjana Unsrat, di auditorium Unsrat, Kamis (27/09).

Lanjut kata Rumokoy, di 2012 ini, Unsrat bakal ketambahan empat Program Doktor, antara lain, Ilmu Sosial, Ilmu Ekonomi, Ilmu Pangan dan Ilmu Perairan. “Usulannya sedang berproses, dan diharapkan di 2012 ini sudah terealisasi,” tukasnya sembari menambahkan bahwa sarana pendidikan dengan gelar akademik tertinggi ini akan mengantarkan Unsrat sebagai excellent university.
Untuk tahun akademik 2012/2013 ini, jumlah mahasiswa Program Pascasarjana mencapai 503 orang yang meliputi mahasiswa S2 sebanyak 461 orang dan mahasiswa S3 42 orang. “Setiap tahunnya jumlah mahasiswa yang studi di Program Pascasarjana cenderung meningkat,” ujarnya sambil menambahkan bahwa hingga akhir 2011, Program Pascasarjana Unsrat telah meluluskan sebanyak 2.620 Magister dan 12 Doktor yang berasal dari berbagai daerah, instansi pemerintah, perusahaan dan perguruan tinggi swasta maupun negeri.
Bahkan, untuk lebih meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan, maka Program Pascasarjana telah bermitra dengan berbagai perguruan tinggi ternama seperti simon Freser University (SFU) Canada, Universitas Groningen Belanda, Cutin University dan Murdoch University di Australia, University of Washington, Idaho University Washington State University (USA) maupun Kyoto University, Jepang dan lainnya.
Diketahui, Program Magister yang ada di Unsrat saat ini, meliputi,  Linguistik, Pengelolaan Sumberdaya Pembangunan, Ilmu Hukum, Entomologi, Agronomi, Ilmu Pangan, Ilmu Perairan, Ilmu Perencanaan Pembangunan Wilayah, Ilmu Kesehatan Masyarakat, Teknik Sipil dan Magister Arsitektur. Sedangkan untuk Program Doktor, yakni Entomologi, Linguistik, Hukum dan Manajemen Sumberdaya Perairan.(eda)

Add comment


Security code
Refresh

Written by Opex

News Most Viewed

353 CJH Sulut Dilepas, ...

Manado, KOMENTAR - Gubernur Sulut SH ...

ARTI SEBUAH KEMERDEKAAN ...

Baru-baru ini bangsa Indonesia merayakan ...

Aspirasikan Pilkada ...

Manado, KOMENTAR - Sikap tegas Walikota ...

Gubernur Dukung ...

 


Manado, KOMENTAR - Gubernur Sulut Dr ...

Program Induksi Siapkan ...

Manado, KOMENTAR - Sejumlah tenaga pendidik ...

Dewan KEK sudah ada ...

Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Bitung sudah ...

Locations

  • Kompleks Ruko Megamas, Blok IB No. 38, Manado
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.  
  • (0431) 879799

Gallery

      DAS KOTOR: Wakil Walikota Manado Harley AB Mangindaan melakukan pemantauan ke DAS Tondano di Kecamatan Sario, kemarin. Dalam pemantauan, wawali menemukan tumpukan sampah di areal DAS tersebut. Belakangan, wawali semakin intens turun lapangan untuk memantau kebersihan dalam rangka penilaian tahap pertama Adipura. Sedangkan Camat Sario diminta lebih pro aktif memantau sektor kebersihan dan keamanan wilayah.(*)