Top News

Rattu: Kurikulum 2013 Perlu Reevaluasi

Manado, KOMENTAR - Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Kristen Indonesia Tomohon (UKIT), Prof ABG Rattu DEA mengatakan bahwa salah satu kemunduran kurikulum 2013 dalam era global saat ini, adalah penghapusan pelajaran teknologi dan komunikasi.
“Bila pendapat Sekretaris Jenderal Federasi Serikat Guru Indonesia bahwa orientasi kurikulum cenderung pada proyek dan sarat kompromi politik berarti substansi kurikulum untuk menciptakan lulusan yang berkualitas dan berbobot ibarat kata pepatah ‘jauh panggang dari api’. Karenanya, para pakar pendidikan dan kurikulum harus memberikan reaksi positif,” ungkap Rattu kepada koran ini, Jumat (14/06).

Untuk memastikan bahwa sasaran kurikulum belum menasional atau uji coba, lanjut Rattu, perlu diklarifikasi kembali. “Seharusnya kurikulum 2013 diterapkan secara merata dan menyeluruh. Sebab, sekolah eks RSBI (Rintisan Sekolah Berstandar Internasional, red) telah dihapus,” tukasnya.
Tak itu saja, menyoroti hasil Ujian Nasional (UN) baru-baru ini, yang memunculkan hasil spektakuler dari sekolah tidak favorit. Sehingga wajarlah jika Walikota Manado menyatakan tidak ada lagi sekolah favorit.
“Sebab sekolah berlabel favorit ada yang kalah dengan sekolah yang tak favorit. Sebaiknya, tiap sekolah berlomba-lomba meningkatkan mutu dan kualitas lewat program center of excellent. Di sini siswa yang pandai dan berminat pada mata pelajaran IPA mencari sekolah yang guru-gurunya berkualitas pada IPA,” ucap Rattu mencontohkan.(eda)

Add comment


Security code
Refresh

Written by Opex

News Most Viewed

BPMS Apresiasi Jemaat  ...

Manado, KOMENTAR - Badan Pekerja Majelis ...

ARTI SEBUAH KEMERDEKAAN ...

Baru-baru ini bangsa Indonesia merayakan ...

Supit: Saya tak Tahu ...

Manado, KOMENTAR - Donald Supit SH, Kadis ...

Penerimaan CPNS di Sulut ...

Manado, KOMENTAR - Kepala Badan Kepegawaian ...

Peredaran Ijazah Palsu ...

Manado, KOMENTAR - Peredaran ijazah palsu ...

Sulut Kembali ‘Dikuasai’ ...

Penyaluran kredit yang dilakukan perbankan ...

Locations

  • Kompleks Ruko Megamas, Blok IB No. 38, Manado
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.  
  • (0431) 879799

Gallery

      DAS KOTOR: Wakil Walikota Manado Harley AB Mangindaan melakukan pemantauan ke DAS Tondano di Kecamatan Sario, kemarin. Dalam pemantauan, wawali menemukan tumpukan sampah di areal DAS tersebut. Belakangan, wawali semakin intens turun lapangan untuk memantau kebersihan dalam rangka penilaian tahap pertama Adipura. Sedangkan Camat Sario diminta lebih pro aktif memantau sektor kebersihan dan keamanan wilayah.(*)