Top News

PPDB Online SMA/SMK Negeri Manado Lebih Mudah

Manado, KOMENTAR  - Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) untuk jenjang SMA/SMK Negeri yang ada di Kota Manado, secara efektif bakal dibuka pada Kamis (13/06) mendatang. Menariknya, untuk tahun ajaran 2013/2014 kali ini, tahapan pendaftarannya jauh lebih mudah dan praktis ketimbang tahun sebelumnya. Khususnya bagi siswa yang berasal dari luar Kota Manado.
Dijelaskan Pelaksana harian (Plh) Kepala Dinas Pendidikan Kota Manado, Corry Tendean SH didampingi Ketua PPDB, Reagen Sumeke SS MAP dan Sekretaris IJ Watung MSi, untuk siswa luar kota cukup mendaftar secara online. Setelah itu, siswa diwajibkan melakukan verifikasi pada tanggal 18-22 Juni 2013 yang dipusatkan di SMKN 3 Manado. “Pada saat verifikasi, siswa diwajibkan menunjukkan nilai.

Untuk kemudian memilih sekolah yang dituju. Hal ini berbeda dengan tahun lalu, yang harus melewati empat tahapan pendaftaran,” ungkap Tendean dan Sumeke sembari menambahkan bahwa hasil seleksi yang didasarkan pada peringkat nilai akan diumumkan pada 09 Juli 2013. “Saat ini seluruh sekolah berlaku sama, tidak ada tahapan tes akademik sebagaimana yang diterapkan oleh RSBI (Rintisan Sekolah Berstandar Internasional, red). Artinya, standar penerimaan mengacu pada nilai yang kemudian disesuaikan dengan kuota sekolah,” jelas Sumeke.
Selanjutnya, siswa lulusan SMP yang ada di Kota Manado, cukup mendaftar melalui internet ke sekolah yang dituju. Tentunya dengan mengacu persyaratan yang ditentukan. “Hanya saja, khusus untuk SMKN 6 mewajibkan siswanya menyertakan surat keterangan sehat dari rumah sakit Wolter Mongisidi-Teling. Tetapi bagi yang tidak lulus kesehatan, siswa tetap dapat diberikan alternatif pilihan ke jurusan lain,” ujar Sumeke.
Sementara itu, untuk siswa dengan sejumlah kategori, seperti berdomisili 500 meter dari lingkungan sekolah, dapat mengikuti program ramah lingkungan yang disertai KTP dan Kartu Keluarga asli. “Sedangkan bagi siswa yang berprestasi, cukup menunjukkan bukti prestasinya. Selanjutnya bagi keluarga tenaga pendidik maupun pekerja yang ada di lingkup sekolah, juga diberikan keistimewaan dengan langsung mendaftar, tanpa melalui seleksi,” kata Tendean turut diiyakan Sumeke.(eda)

Add comment


Security code
Refresh

Written by Opex

News Most Viewed

BPMS Apresiasi Jemaat  ...

Manado, KOMENTAR - Badan Pekerja Majelis ...

ARTI SEBUAH KEMERDEKAAN ...

Baru-baru ini bangsa Indonesia merayakan ...

Supit: Saya tak Tahu ...

Manado, KOMENTAR - Donald Supit SH, Kadis ...

Penerimaan CPNS di Sulut ...

Manado, KOMENTAR - Kepala Badan Kepegawaian ...

Peredaran Ijazah Palsu ...

Manado, KOMENTAR - Peredaran ijazah palsu ...

Sulut Kembali ‘Dikuasai’ ...

Penyaluran kredit yang dilakukan perbankan ...

Locations

  • Kompleks Ruko Megamas, Blok IB No. 38, Manado
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.  
  • (0431) 879799

Gallery

      DAS KOTOR: Wakil Walikota Manado Harley AB Mangindaan melakukan pemantauan ke DAS Tondano di Kecamatan Sario, kemarin. Dalam pemantauan, wawali menemukan tumpukan sampah di areal DAS tersebut. Belakangan, wawali semakin intens turun lapangan untuk memantau kebersihan dalam rangka penilaian tahap pertama Adipura. Sedangkan Camat Sario diminta lebih pro aktif memantau sektor kebersihan dan keamanan wilayah.(*)