Olahraga

Jelang Kejurnas bridge - Tim Sulut Mulai Jalani TC

Tim Putra maupun Putri Sulut untuk mengikuti Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Bridge di Manado, 13-22 September mendatang telah terbentuk. Mereka bahkan sudah menjalani Trainning Center (TC) sejak Kamis (21/08) lalu.
Demikian disampaikan oleh Plt Ketua Umum Pengprop Gabsi Sulut, Drs Henky Lasut. Tim Putra Sulut yang akan mengikut Kejurnas tersebut terdiri dari enam pasangan, yaitu Henky Lasut, Eddy Manopo, Bill Mondigir, Tommy Rogi, Mario Mambu, Harke Tulenan, Jeffy Moningkey, Clif Tangkuman, Giovany Watulingas, Okta Wohon, Recky Mandolang dan Yongky Tumbel, dengan NPC, Sawon Mandey. Sementara untuk Tim Putri, Elvita Lasut, Sarce Pontoh, Tracy Awuy, Vony Chairani, Chintya Manueke dan Thaliana Malonda dengan NPC, Yany Fehr.
“TC Sudah dimulai sejak Kamis lalu di Tondano. Namun TC juga akan dilakukan di Bridge Center, dan bergantian dengan di Tondano,” ujar Lasut kepada Komentar kemarin (34/08).
Agar para pemain tersebut siap berlaga di Kejurnas nanti, Lasut mengatakan, satu tim akan dikirim mengikuti try out di Kejuaraan Gubernur Kepri Cup di Batam, 29-31 Agustus mendatang. Tim yang akan dikirim adalah pasangan Jeffrey Moningkey/Cliff Tangkuman, Bill Mondigir/Giovany Watulingas, Tommy Rogi/Okta Wohon. “Kami akan mencoba pasangan baru pada try out nanti. Jika berhasil, maka pasangan tersebut akan dipertahankan. Tetapi jika tidak, maka mereka akan kembali ke pasangan mereka sebelumnya,” jelas Lasut.
Sementara itu, terkait persiapan pelaksanaan Kejurnas Bridge dan Kongres Gabsi, Lasut mengatakan masih banyak hal yang perlu dipersiapkan. “Waktu sudah semakin dekat, tetapi masih ada cukup banyak hal yang belum rampung. Namun kami akan tetap berusaha agar semua persiapan dapat diselesaikan sebelum pelaksanaan ajang tersebut,” katanya seraya menambahkan, undangan kepada seluruh daerah sudah dikirim.(jou)

 

Kejurnas Anggar - Gaby dan Sergio Rebut Medali Perunggu

Dua atlet anggar Sulut berhasil merebut medali perunggu pada Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Anggar yang berlangsung di Samarinda, Kaltim 21-28 Agustus ini. Kedua atlet tersebut adalah Gaby Subgyawan dan Sergio Rawung.
Informasi yang diperoleh Komentar dari Ketua Bidang Pembinaan Pengprop Ikasi Sulut, Tony Ngangi, Gaby yang berasal dari I Yayat U Santi Fancing Club dan dibina di PPLP Sulut, meraih medali perunggu pada nomor Floret Kadet Pemula Putri. Pada babak semifinal Sabtu (23/08), ia kalah dari atlet dari Riau. “Kalau saja lolos ke final, Gaby berpeluang meraih medali emas. Sebab lawannya di final yakni atlet dari Jawa Barat, dikalahkannya dengan skor telak pada babak penyisihan. Sayang, ada sedikit kesalahan teknis pada babak semifinal, sehingga ia gagal ke final,” jelas Tony yang menghubungi Komentar kemarin.
Sementara atlet lainnya, Sergio Rawung meraih medali perak di nomor degen kadet putra. Atlet dari Kuron Scherm Club dan dilatih Komtek Pengprop Ikasi Sulut, Handry Lenzun ini memang belum berhasil mengatasi lawannya dan harus puas dengan medali perunggu.
“Kami senang dengan dua medali perunggu yang diraih atlet kami. Sebab mereka merupakan atlet-atlet muda yang masih baru dan belum punya pengalaman. Dua atlet tersebut bersama atlet-atlet lainnya akan terus kami bina agar bisa meraih prestasi yang lebih tinggi lagi,” tukas Tony yang merupakan mantan atlet Sulut ini.
Kejurnas Anggar ini akan berlangsung hingga 28 Agustus mendatang, dan akan dilanjutkan dengan Pra-PON Remaja. Tony mengatakan, pihaknya menargetkan untuk meloloskan atlet sebanyak mungkin ke PON Remaja nanti.(jou)

Musprop Pertina Sulut Ditunda 28 Agustus

Pelaksanaan Musyawarah Propinsi Pertina Sulut yang sedianya digelar Jumat (22/08) ini, ditunda hingga 28 Agustus mendatang. Menurut Sekretaris Panitia, Richard Kundiman, penundaan ini karena menyesuaikan jadwal kedatangan Pengurus Pusat Pertina, serta untuk merampungkan persiapan.
Menurut Kundiman, panitia telah melakukan rapat pada Rabu (20/08) malam lalu untuk membicarakan pelaksanaan Musprop ini. Hasilnya, adalah menunda pada dengan alasan di atas. “Jadi memang ada dua alasan mengapa Musprop Pertina ini ditunda. Pertama adalah menyesuaikan dengan jadwal kedatangan Pengurus Pusat Pertina yang baru akan datang pada 28 Agustus mendatang. Selain itu, memang masih ada beberapa hal yang harus dirampungkan sebelum Musprop digelar,” ujar Kundiman kepada Komentar kemarin (21/08).
Ia juga mengatakan telah mendapat petunjuk dari Ketua Umum Pengprop Pertina Sulut, Aryanthi Baramuli Putri agar mempersiapkan Musprop ini dengan baik. Oleh sebab itu, pihaknya mengambil keputusan untuk menunda pelaksanaan Musprop ini hingga persiapan benar-benar matang.
Salah satu agenda pada Musprop nanti adalah memilih ketua umum yang baru. Menurut Kundiman, hingga saat ini ada tiga kandidat yang mencalonkan diri, yaitu Theo Kawatu, Benny Ramdhani dan Reyno Bangkang. “Hingga saat ini mereka ketiga kandidat tersebut yang telah menyatakan akan maju dalam pencalonan Ketua Umum Pengprop Pertina Sulut periode mendatang,” ujar mantan petinju ini.(jou)

Anggar Sulut Bertolak ke Kejurnas

 


Tim Anggar Sulut yang akan mengikuti Kejuaraan Nasional (kejurnas) dan Pra-PON Remaja di Samarinda, Kaltim mulai bertolak hari Rabu (20/08) ini. Menurut Sekretaris Pengprop Ikasi Sulut, Paulany Ratu, tim Sulut yang akan mengikuti ajang tersebut berjumlah 30 atlet dan tiga pelatih dan official.
“Tim Sulut akan bertolak ke Samarinda dalam tiga gelombang, yakni pada har Rabu, Kamis dan Jumat. Tim yang akan berangkat lebih dulu adalah mereka yang akan bermain lebih awal di Kejurnas nanti,” ujar Ratu kepada Komentar kemarin (19/08).
Dijelaskannya, para atlet yang dikirim di kategori Pra-Kadet, Kadet dan Junior untuk semua alat, yakni floret, sabel dan degen. Mereka juga akan mengikuti semua nomor yang dipertandingkan, baik perorangan maupun beregu.
Sementara itu, Kepala Bidang Pembinaan, Tony Ngangi mengatakan, para atlet yang dikirim sebelumnya telah menjalani TC. “Tadi (kemarin, red) pagi mereka telah menjalani latihan terakhir sebelum berangkat,” ujarnya.
Terkait target di Kejurnas dan Pra-PON Remaja ini, baik Ratu maupun Ngangi mengatakan belum memasang target tinggi. Pasalnya, atlet yang dikirim masih pemula sehingga memang belum ditargetkan prestasi yang tinggi. Walaupun demikian, mereka tetap berharap para atlet yang dikirim mampu meraih prestasi terbaik. “Kami memang tidak memberi target, tapi bisa saja ada di antara mereka yang meraih medali, baik di Kejurnas maupun Pra-PON. Untuk Pra-PON, kami memang berharap untuk meloloskan atlet sebanyak-banyaknya,” tukas keduanya.
Kejurnas anggar akan digelar 21-27 Agustus, sedangkan Pra-PON Remaja 28-30 Agustus.(jou)

PON Remaja - Dana Terbatas, KONI Hanya Kirim 50 Atlet

Terbatasnya dana yang tersedia untuk membiayai kontingen Sulut ke PON Remaja di Jawa Timur, 5-12 Desember mendatang, membuat KONI Sulut membatasi atlet yang akan diberangkatkan. Menurut Sekum KONI Sulut, Prof Dr Henky Rogi MPd, pihaknya hanya akan mengirim 50 atlet ke ajang tersebut.
“Dana yang tersedia di APBD-P untuk kontingen Sulut ke PON Remaja hanya 1 miliar. Padahal anggaran yang kami susun waktu lalu dan dimasukkan ke Pemprop Sulut hampir mencapai 3 Miliar, tepatnya 2,9 miliar. Dengan demikian, atlet yang akan dikirim terpaksa harus dikurangi,” ujar Rogi ketia dikonfirmasi Komentar kemarin (19/08).
Ia mengatakan, sebelumnya KONI Sulut menargetkan untuk memberangkatkan sekitar 75 atlet ke PON Remaja. Walaupun jumlah tersebut memang belum pasti, sebab hingga saat ini belum diketahui berapa kouta untuk tiap daerah. Beberapa cabang olahraga juga menurut Rogi harus mengikuti Pra-PON lebih dahulu, seperti anggar dan renang. Sehingga belum tahu diketahui berapa jumlah atlet dari cabang tersebut yang lolos ke PON Remaja.
Selain mengurangi jumlah atlet yang akan diberangkatkan, Rogi juga mengatakan ada beberapa pos lainnya yang juga akan dikurangi, seperti peralatan. “Kalau memang terpaksa, maka peralatan harus dikurangi untuk menyesuaikan dengan dana yang tersedia,” tukasnya.(jou)

News Most Viewed

Hadirkan Vaness Wu ...

Manado, KOMENTAR - Gereja Mawar Sharon siap ...

ARTI SEBUAH KEMERDEKAAN ...

Baru-baru ini bangsa Indonesia merayakan ...

Lobi walikota sukses, ...

Manado, KOMENTAR - Seperti diberitakan ...

Perjalanan Dinas luar ...

 


Manado, KOMENTAR - Kamis (28/08) ...

Disperindag Sulut Genjot ...

 


Dinas Perindustrian dan Perdagangan ...

Bakal dihadiri Menkes ...

Manado, KOMENTAR - Akhir Maret 2014 ini, ...

Locations

  • Kompleks Ruko Megamas, Blok IB No. 38, Manado
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.  
  • (0431) 879799

Gallery

      DAS KOTOR: Wakil Walikota Manado Harley AB Mangindaan melakukan pemantauan ke DAS Tondano di Kecamatan Sario, kemarin. Dalam pemantauan, wawali menemukan tumpukan sampah di areal DAS tersebut. Belakangan, wawali semakin intens turun lapangan untuk memantau kebersihan dalam rangka penilaian tahap pertama Adipura. Sedangkan Camat Sario diminta lebih pro aktif memantau sektor kebersihan dan keamanan wilayah.(*)