Olahraga

Diikuti Sembilan Ribu Peserta, Manado 10K Sukses

Lomba Lari Manado 10K yang digelar Sabtu (06/09) lalu berlangsung sukses. Hal itu terlihat dari total peserta yang mencapai sembilan ribu orang, padahal target panitia hanya enam ribu orang.
Ajang yang digelar oleh Dispora Manado bekerjasama dengan PASI Sulut dan Minaraya Promotion selaku Event Organizer ini dilepas secara resmi oleh Walikota Manado, GS Vicky Lumentut di jembatan Soekarno dan finish di Tugu Lilin, Manado. Ajang ini mempertandingkan dua kategori, yakni umum dengan jarak 10 Km dan pelajar 5 Km ini juga digelar untuk memeriahkan HUT Propinsi Sulut ke-50 dan HUT Kota Manado.
Pada kategori 10 K Putra, juara pertama diraih oleh Jauhari Johar yang mencatat waktu 31.52, juara kedua Ridwan (32.15), juara ketiga Lilian Lakolo (34.05) keempat Jendry Baliude (34.54) dan kelima Disnan Duduran (35,06). Sedangkan pada kategori 10 K Putri, juara pertama diraih oleh 1. Ferly Surnaely (39.50), juara kedua Sintia R (46.06), juara ketiga Octaviani (47.08), juara keempat Natasya R (57.23) dan juara kelima Tesalonika (1.00.00).
Pada kategori 5 K Pelajar putra, juara pertama diraih oleh Todan (15.25), juara kedua Angga (16.04), juara keempat Christiana (16.39), dan juara kelima Grevil L (16.46). Sedangkan untuk kategori 5 K pelajar Putri, juara pertama diraih oleh Anna Moudup (16.59), juara kedua Nabila T (18.44), juara ketiga Michel Mamahit (19.22), juara keempat Masya Kaligis (19.28) dan juara kelima Deske Tinungki (19.28).
Selain Walikota, hadir juga pada ajang ini, Wakil Walikota Manado, Harley Mangindaan, Sekkot Manado, Ir Haefrey Sendoh dan sejumlah pejabat lainnya.
Eric Montolalu selaku CEO Minayara Production mengaku senang ajang ini berlangsung sukses.”Ajang ini telah berlangsung sukses, terlihat dari banyaknya peserta yang melebihi target panitia. Awalnya kami menargetkan enam ribu peserta, tetapi yang mengikuti ajang ini ada sembilan ribu,” ujarnya.(jou)

 

Persiapan Kejurnas Bridge ke-52 dan Kongres Gabsi ke-24 - Hari Ini Rapat Koordinasi Panitia

Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Bridge ke-52 dan Kongres Gabsi ke-24 di Manado tinggal seminggu lagi. Untuk itu, agar persiapan semakin matang, hari ini (05/09) akan digelar rapat koordinasi yang akan dipimpin langsung oleh Ketua Umum Panitia yang juga Wakil Walikota Manado, Harley Mangindaan.
Hal tersebut diungkapkan oleh Ketua Harian Panitia, Drs Henky Lasut kepada Komentar kemarin. Dikatakannya, Kamis (04/09) kemarin ia telah bertemu dengan Ai untuk melaporkan persiapan yang telah dilakukan hingga saat ini. “Tadi saya melaporkan kalau persiapan sudah matang, hanya saja pihaknya masih menghadapi kendala karena dana hingga kini belum juga cari.
Hal inilah yang menjadi hambatan utama panitia saat ini. Oleh sebab itu beliau memutuskan untuk digelar rapat panitia besok (hari ini, red),” ujar Lasut yang baru kembali dari Jakarta menemui Ketua PB Gabsi, Dahlan Iskan.
Rapat hari ini menurut Lasut akan dihadiri oleh seluruh panitia serta pihak yang terkait, seperti Dinas Pariwisata, Dinas Kesehatan, Dinas Perhubungan dan beberapa instansi lainnya. “Dinas-dinas tersebut memang masuk dalam kepanitiaan. Jadi nantinya akan dilakukan koordinasi supaya pelaksanaan kejurnas dan kongres nanti dapat berjalan dengan sukses,” tukasnya.
Lasut mengatakan, pihaknya bertekad untuk menggelar ajang ini dengan sebaik mungkin. Untuk itu, telah dilakukan sejumlah persiapan, termasuk membuat peralatan pertandingan yang baru, terutama meja pertandingan dan papan board. Kualitasnya bagus, sebab akan digunakan untuk ajang nasional.
Selain itu, akan dimanfaatkan juga kemajuan teknologi untuk membuat ajang ini yang terbaik dari yang pernah digelar. Di antaranya adalah akan digunakannya kamera di meja pertandingan, supaya nantinya pertandingan yang disiarkan lewat VU Graph juga menampilkan para pemain.
Menurut John Tumewu, yang juga salah satu panitia, para peserta akan dimanjakan dengan teknologi untuk memudahkan mereka mengetahui hasil pertandingan. “Setiap hasil pertandingan nantinya akan diisi secara elektronik, dan bukan lagi manual seperti biasanya. Dan untuk melihat hasilnya, setiap kapten tim bisa mencetaknya sendiri lewat barcode yang ada di ID Card-nya,” katanya seraya menambahkan, ID Card setiap kapten tim memang akan dilengkapi dengan barcode.(jou)

Kejurnas Bridge ke-52 dan Kongres Gabsi - Ketua KONI Pusat dan PB Gabsi Pastikan Hadir

Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Bridge dan Kongres Gabsi yang akan digelar di Manado, 13-22 September mendatang akan dihadiri oleh Ketua KONI Pusat, Tono Suratman dan Ketua PB Gabsi saat ini, Dahlan Iskan. Sedangkan Menpora hingga saat ini masih diusahakan.
Demikian dikatakan oleh Plt Ketua Umum Pengprop Gabsi Sulut yang juga Ketua Panitia, Drs Henky Lasut. “Saya sudah bertemu langsung dengan Pak Tono Suratman, dan beliau mengatakan akan hadir ajang ini. Apalagi ia mengaku belum pernah datang ke Manado, jadi kesempatan ini akan digunakannya untuk melihat Manado,” ujar Lasut kepada Komentar kemarin (03/09).
Begitu juga dengan Ketua PB Gabsi saat ini, Dahlan Iskan. Menurut Lasut, ia juga sudah bertemu langsung dan menteri BUMN ini telah memastikan akan datang ke Manado untuk menghadiri Kejurnas dan Kongres Gabsi ini. “Pak Dahlan sudah memastikan akan datang. Beliau juga telah menyatakan kemungkinannya untuk kembali maju menalonkan diri menjadi ketua umum,” kata Lasut yang mengaku memang meminta secara khusus mencalonkan diri lagi untuk menyelamatkan bridge Indonesia.
Terkait persiapan pelaksanaan Kejurnas ini, Lasut mengatakan pihaknya terus berusaha semaksimal mungkin untuk menyukseskan ajang ini. Namun demikian ia kembali mengungkapkan kalau pihaknya masih terkendala dana. Sebab dana yang telah dianggarkan di pemerintah propinsi dan pemerintah Kota Manado belum bisa dicairkan. Hal ini tentu dapat menghambat pelaksanaan ajang yang juga digelar dalam rangkaian HUT Propinsi Sulawesi Utara ke-50. “Kami tetap berusaha semaksimal mungkin. Tetapi kalau akhirnya ada hal-hal yang kurang karena keterbatasan dana, kami tidak bisa berbuat apa-apa,” tukasnya sembari berharap agar dana yang memang telah dianggarkan bisa segera dicairkan demi suksesnya ajang nasional yang melibatkan hampir seribu peserta ini.
Ajang ini akan dimulai dengan Kongres Gabsi pada hari Sabtu, tanggal 13 September mendatang. Jika kongres belum selesai pada hari hari Sabtu, maka akan dilanjutkan hari Minggu (14/09). Sedangkan pembukaan Kejurnas akan digelar pada Sabtu malam, tetapi pertandingannya baru akan digelar Minggu siang.(jou)

Manado 10 K - Pendaftaran Dibuka Hingga Jumat

Pendaftaran peserta untuk mengikuti Lomba Lari Manado 10 K akan dibuka hingga hari Jumat (05/09), atau sehari sebelum lomba digelar pada Sabtu (06/09) nanti. Menurut CEO Minaraya Production selaku Event Organizer ajang ini, Eric Montolalu, pihaknya memang membuka pendaftaran hingga Jumat agar peserta memiliki waktu yang cukup untuk mendaftar.
“Hingga saat ini sekretariat pendaftaran terus ramai didatangi peserta yang ingin mengikuti lomba ini. Beberapa peserta dari luar daerah juga sudah ada yang menyelesaikan adminstrasinya,” ujar Eric kepada Komentar kemarin (06/09).
Dikatakannya, kaos yang akan dibagikan kepada 600 pendaftar pertama sudah berada di Manado dan siap dibagikan. Begitu juga dengan medali untuk 500 peserta yang masuk finish pertama.
“Kaos tersebut akan dibagikan kepada para peserta pada hari Jumat nanti, bersamaan dengan nomor dada. Tempat penukaran nanti akan kami informasikan melalui sms,” kata Eric yang juga merupakan pembalap ini.
Ajang yang menyediakan total hadiah Rp 120 juta dan juga untuk memeriahkan HUT Propinsi Sulut ke-50 ini menarik perhatian dari pelari-pelari nasional. Dan hingga saat ini sudah ada sejumlah pelari yang mendaftar dan menyelesaikan administrasinya. Sedangkan peserta lainnya menurut Eric akan menyelesaikan adminstrasinya saat mereka tiba di Manado hari Jumat nanti.
Ia mengatakan, pelari dari luar daerah datang antara lain dari Malang, Bandung, Padang, Makassar, Kalimantan serata sejumlah daerah lainnya.(jou)

Jelang Kejurnas bridge - Tim Sulut Mulai Jalani TC

Tim Putra maupun Putri Sulut untuk mengikuti Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Bridge di Manado, 13-22 September mendatang telah terbentuk. Mereka bahkan sudah menjalani Trainning Center (TC) sejak Kamis (21/08) lalu.
Demikian disampaikan oleh Plt Ketua Umum Pengprop Gabsi Sulut, Drs Henky Lasut. Tim Putra Sulut yang akan mengikut Kejurnas tersebut terdiri dari enam pasangan, yaitu Henky Lasut, Eddy Manopo, Bill Mondigir, Tommy Rogi, Mario Mambu, Harke Tulenan, Jeffy Moningkey, Clif Tangkuman, Giovany Watulingas, Okta Wohon, Recky Mandolang dan Yongky Tumbel, dengan NPC, Sawon Mandey. Sementara untuk Tim Putri, Elvita Lasut, Sarce Pontoh, Tracy Awuy, Vony Chairani, Chintya Manueke dan Thaliana Malonda dengan NPC, Yany Fehr.
“TC Sudah dimulai sejak Kamis lalu di Tondano. Namun TC juga akan dilakukan di Bridge Center, dan bergantian dengan di Tondano,” ujar Lasut kepada Komentar kemarin (34/08).
Agar para pemain tersebut siap berlaga di Kejurnas nanti, Lasut mengatakan, satu tim akan dikirim mengikuti try out di Kejuaraan Gubernur Kepri Cup di Batam, 29-31 Agustus mendatang. Tim yang akan dikirim adalah pasangan Jeffrey Moningkey/Cliff Tangkuman, Bill Mondigir/Giovany Watulingas, Tommy Rogi/Okta Wohon. “Kami akan mencoba pasangan baru pada try out nanti. Jika berhasil, maka pasangan tersebut akan dipertahankan. Tetapi jika tidak, maka mereka akan kembali ke pasangan mereka sebelumnya,” jelas Lasut.
Sementara itu, terkait persiapan pelaksanaan Kejurnas Bridge dan Kongres Gabsi, Lasut mengatakan masih banyak hal yang perlu dipersiapkan. “Waktu sudah semakin dekat, tetapi masih ada cukup banyak hal yang belum rampung. Namun kami akan tetap berusaha agar semua persiapan dapat diselesaikan sebelum pelaksanaan ajang tersebut,” katanya seraya menambahkan, undangan kepada seluruh daerah sudah dikirim.(jou)

News Most Viewed

353 CJH Sulut Dilepas, ...

Manado, KOMENTAR - Gubernur Sulut SH ...

ARTI SEBUAH KEMERDEKAAN ...

Baru-baru ini bangsa Indonesia merayakan ...

Aspirasikan Pilkada ...

Manado, KOMENTAR - Sikap tegas Walikota ...

Gubernur Dukung ...

 


Manado, KOMENTAR - Gubernur Sulut Dr ...

Program Induksi Siapkan ...

Manado, KOMENTAR - Sejumlah tenaga pendidik ...

Dewan KEK sudah ada ...

Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Bitung sudah ...

Locations

  • Kompleks Ruko Megamas, Blok IB No. 38, Manado
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.  
  • (0431) 879799

Gallery

      DAS KOTOR: Wakil Walikota Manado Harley AB Mangindaan melakukan pemantauan ke DAS Tondano di Kecamatan Sario, kemarin. Dalam pemantauan, wawali menemukan tumpukan sampah di areal DAS tersebut. Belakangan, wawali semakin intens turun lapangan untuk memantau kebersihan dalam rangka penilaian tahap pertama Adipura. Sedangkan Camat Sario diminta lebih pro aktif memantau sektor kebersihan dan keamanan wilayah.(*)