Manado

DPRD bakal gelar agenda “kupas tuntas” - Walikota Jangan Diam Soal Solar Cell

Manado, KOMENTAR - Walikota Manado Dr GS Vicky Lumentut DEA ditantang untuk angkat bicara terkait polemik penganggaran proyek Solar Cell, apakah tertata dalam APBD 2014 atau tidak. Tantangan ini datang bukan dari mana-mana, melainkan dari lembaga terhormat, DPRD Manado.

 

Dishub dituding hanya sibuk kumpul PAD - Kemacetan Seperti Telah Diprogramkan!

Manado, KOMENTAR - Dinas Perhubungan Kota Manado mendapat cap sebagai instansi lalod alias lambat loading dalam menyikapi persoalan kemacetan yang kian gila terjadi di Kota Manado. Dishub dinilai tak punya terobosan mengatasi kemacetan dan menjadi instansi yang hanya sibuk mengumpulkan pundi-pundi PAD. “Manado parah sekali kemacetannya. Masyarakat seakan dijebak dan dibiarkan dalam masalah ini. Di mana peran pemerintah dalam hal ini Dinas Perhubungan?” semprot Ketua Asosiasi Pengusaha Angkutan Kota Manado, Gadjali Djamaan, Senin (29/09).

Tidak tertata di buku Ranperwal, namun muncul dalam APBD 2014 - Awas Ada yang Masuk Sel karena Solar Cell!

 


Manado, KOMENTAR - Proyek Pengadaan Penerangan Lampu Jalan Solar Cell yang dalam tender barusan dimenangi PT Subota International Contractor, disinyalir kuat sebagai proyek siluman. Sebab dari penelusuran, tidak terlihat adanya program serta anggaran proyek sebesar Rp10 miliar ini dalam Rancangan Peraturan Walikota Manado tentang Penjabaran APBD 2014. Namun anehnya, nomenklatur proyek ini beserta anggarannya, muncul dalam APBD 2014 yang konon bisa diakses lewat internet, http://bappeda.manadokota.go.id.

Pala-Lurah ‘Nakal’, Pasti Langsung Diganti

Manado, KOMENTAR - Camat Malalayang Danny Kumajas memberikan perhatian khusus terhadap pengelolaan dana Pembangunan Berbasis Lingkungan atau PBL. Menurutnya penggunaan dana ini harus benar-benar sesuai isi proposal. “Tidak boleh ada penyimpangan, kalau ada pala yang nakal pasti langsung saya ganti dan jika lurah juga ikut-ikutan langsung saya ajukan kepada Walikota untuk diganti,” ujar Kumajas kepada Komentar di kantornya, Kamis (25/09).

DPRD Minta Panitia Tender Lebih Profesional

Manado, KOMENTAR - Panitia tender pengadaan barang dan jasa di Pemkot Manado seharusnya bekerja lebih profesional, maksimal serta bebas dari tekanan pihak manapun. Sebab, panitia tender berperan sangat penting dalam menentukan pemenang yang ujung-ujungnya akan berdampak pada hasil pekerjaan proyek di lapangan. “Panitia tender memang dituntut bekerja lebih profesional. Bagus tidaknya proyek di lapangan tak lepas dari andil para panitia. Mereka yang menentukan pemenang sejak awal,” terang Anggota DPRD Manado Pinkan Nuah kepada wartawan, Kamis (25/09). Ia mengatakan, jika panitia tender ‘masuk angin’, maka bukan tidak mungkin akan berdampak tidak baik terhadap pelaksanaan proyek di lapangan. “Contohnya soal Solar Cell. Seharusnya kalau panitia tender jeli dan cekatan dalam menentukan pemenang, maka bisa saja proyek ini berjalan mulus. Namun kenyataannya sekarang, kontraktor pemenang tak mampu menuntaskan pekerjaan mereka. Perusahaan itu bahkan kini diputus kontrak dan diblack list,” urai srikandi PDI Perjuangan ini. Pada bagian lain, politisi berparas cantik ini mengaku sebenarnya sangat ingin melakukan penelusuran lebih jauh terkait rentetan persoalan Solar Cell. Namun apa daya menurutnya gerak-gerik DPRD Manado saat ini terbatas lantaran belum adanya pimpinan definitif. “Belum adanya pimpinan definitif, sangat-sangat menghambat kinerja dewan. Jadi saya berharap agar partai pemiliki kursi pimpinan untuk melihat kondisi ini. Segeralah masukan SK untuk pimpinan definitif masing-masing. Kalau PDIP sudah,” tukasnya.(yha)

News Most Viewed

Peringati HUT ke-80 ...

Manado, KOMENTAR - Selasa (30/09) ini ...

ARTI SEBUAH KEMERDEKAAN ...

Baru-baru ini bangsa Indonesia merayakan ...

DPRD bakal gelar agenda ...

Manado, KOMENTAR - Walikota Manado Dr GS ...

Lantik 212 pejabat, ...

 


Manado, KOMENTAR - Masih ingat tokoh ...

Diknas Sulut Genjot Jiwa ...

Manado, KOMENTAR - Peduli untuk mengangkat ...

Warga Tagih Janji PT MMP

SUDAH setahun menjalankan aktivitas di ...

Locations

  • Kompleks Ruko Megamas, Blok IB No. 38, Manado
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.  
  • (0431) 879799

Gallery

      DAS KOTOR: Wakil Walikota Manado Harley AB Mangindaan melakukan pemantauan ke DAS Tondano di Kecamatan Sario, kemarin. Dalam pemantauan, wawali menemukan tumpukan sampah di areal DAS tersebut. Belakangan, wawali semakin intens turun lapangan untuk memantau kebersihan dalam rangka penilaian tahap pertama Adipura. Sedangkan Camat Sario diminta lebih pro aktif memantau sektor kebersihan dan keamanan wilayah.(*)