Riskesdas 2013 akan Dimulai Bulan Mei

Manado, KOMENTAR - Pengumpulan data untuk Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2013 akan dimulai pada Bulan Mei. Informasi tersebut terungkap pada kegiatan sosialisasi Riskesdas 2013 sekaligus pemaparan hasil Risfaskes 2011 yang berlangsung di Manado, Senin (19/11).

Namun, sebelum kegiatan pengumpulan data dimulai, sejumlah persiapan telah berlangsung, dimulai Januari 2012 melalui persiapan kajian uji coba, dilanjutkan pada Desember 2012 dengan protokol etik organisasi, izin procurement (pedoman, surveyor, kit, instrumen, software, dll) sampai pada sosialisasi di propinsi- propinsi.
Januari 2013 dilanjutkan dengan persiapan tenaga seperti TOT dan TC untuk selanjutnya masuk pada pengumpulan data di Mei 2013. Finalisasi laporan akan berlangsung Desember 2013 baru kemudian di 2014 dilakukan diseminasi laporan analisis biomedis lanjut IPKM.
Tujuan dari Riskesdas 2013 diharapkan dapat menyediakan informasi berbasis bukti untuk perumusan kebijakan pembangunan kesehatan di berbagai tingkat administrasi. Selain itu, penyediaan peta status dan masalah kesehatan di tingkat nasional, propinsi dan kabupaten/kota. Termasuk juga informasi perubahan status kesehatan masyarakat yang terjadi dari tahun 2007 sampai 2013.
Tujuan lain dari hasil Riskesdas nantinya dapat membandingkan status kesehatan dan faktor yang melatarbelakangi antarpropinsi dan kabupaten/kota, juga menilai disparitas wilayah kabupaten/kota menggunakan IPKM serta mengkaji korelasi antar faktor yang menyebabkan terjadinya perubahan status kesehatan.
Perlu diketahui, riskesdas yang sering dijadikan rujukan capaian kesehatan di Indonesia, pendataan terakhir berlangsung tahun 2007 atau dikenal dengan Riskesdas 2007.(dds)

Comments   

 
0 #1 riza 2013-02-23 20:08
mohon info mengenai pendaftaran riskesdas sukabumi?apakah sudah mulai? thx
Quote
 

Add comment


Security code
Refresh

Written by Opex

News Most Viewed

Menag: Lesbian-Gay Tidak ...

Jakarta-Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin ...

ARTI SEBUAH KEMERDEKAAN ...

Baru-baru ini bangsa Indonesia merayakan ...

Belum dikerjakan, ...

Manado, KOMENTAR - Pemerintah Kota Manado ...

SHS Ragukan Kemampuan ...

Manado, KOMENTAR - Rolling pejabat eselon II ...

Sulut Catat Peserta ...

Tondano, KOMENTAR - Sulawesi Utara (Sulut) ...

Panin Bank Agen Penjual ...

 

PANIN Bank ditunjuk pemerintah sebagai ...

Locations

  • Kompleks Ruko Megamas, Blok IB No. 38, Manado
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.  
  • (0431) 879799

Gallery

      DAS KOTOR: Wakil Walikota Manado Harley AB Mangindaan melakukan pemantauan ke DAS Tondano di Kecamatan Sario, kemarin. Dalam pemantauan, wawali menemukan tumpukan sampah di areal DAS tersebut. Belakangan, wawali semakin intens turun lapangan untuk memantau kebersihan dalam rangka penilaian tahap pertama Adipura. Sedangkan Camat Sario diminta lebih pro aktif memantau sektor kebersihan dan keamanan wilayah.(*)