Top News

Kasus FH Unsrat dikoordinasi ke Bareskrim dan KPK - Polda-Kejaksaan Beda Presepsi Penerapan Pasal

Manado, KOMENTAR - Kasus dugaan pungutan liar Fakultas Hukum (FH) Unsrat yang telah lama ditangani Polda Sulut yang telah menyeret dua tersangka yakni Oknum Dekan MK dan Stafnya SP, masih terjadi tarik ulur antara Polda dan Kejaksaan. pasalnya, perbedaan presepsi menjadi penghalang kasus tersebut untuk diteruskan ke pengadilan walaupun indikasi melanggar pidana korupsi sangat jelas.
Kapolda Sulut Brigjen Pol Dicky Atotoy, melalui Kasubdit Tipikor DR Grubert Ughude SH MH, kepada wartawan saat Konferensi Pers bersama wartawan pos liputan Polda, Selasa (30/04) kemarin, mengatakan, berkas kasus tersebut sudah tiga kali dikembalikan Jaksa dengan status P 19. Kendala penyidik Polda adalah petunjuk jaksa yang meminta penerapan pasal 2 dan 3 Undang-Undang Korupsi, sedangkan penyidik mengacu pada pasal 8.

“Perbedaan presepsi itu yang menjadi kendala. sudah dibahas bersama Komisi Pemberantasan Korupsi, dan memang untuk pasal 2 dan 3 sangat jauh dengan kasus yang terjadi di Fakultas Hukum Unsrat. Kasus ini sudah dikoordinasikan dengan Bareskrim Polri dan KPK untuk ditindaklanjuti,” ujar Ughude.
Lanjutnya, pemeriksaan rekening untuk PNBP memang diduga kuat terjadi penyimpangan karena uang setoran untuk PNBP yang notabene untuk negara diduga digunakan untuk kepentingan tertentu. kata Ughude, bukti formal pada kasus tersebut terbukti banyak aturan yang dilanggar diantaranya, SK PNBP yang mengacu pada pasal 12 huruf E.
“Jadi memang pasal 8 sudah tepat karena berkaitan dengan penggelapan dana. semua unsur sudah jelas dan semoga saja secepatnya perbedaan itu menyatu agar memenuhi syarat ke pengadilan,” tandas Ughude.(lan)

Add comment


Security code
Refresh

Written by Opex

News Most Viewed

BPMS Apresiasi Jemaat  ...

Manado, KOMENTAR - Badan Pekerja Majelis ...

ARTI SEBUAH KEMERDEKAAN ...

Baru-baru ini bangsa Indonesia merayakan ...

Supit: Saya tak Tahu ...

Manado, KOMENTAR - Donald Supit SH, Kadis ...

Penerimaan CPNS di Sulut ...

Manado, KOMENTAR - Kepala Badan Kepegawaian ...

Peredaran Ijazah Palsu ...

Manado, KOMENTAR - Peredaran ijazah palsu ...

Sulut Kembali ‘Dikuasai’ ...

Penyaluran kredit yang dilakukan perbankan ...

Locations

  • Kompleks Ruko Megamas, Blok IB No. 38, Manado
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.  
  • (0431) 879799

Gallery

      DAS KOTOR: Wakil Walikota Manado Harley AB Mangindaan melakukan pemantauan ke DAS Tondano di Kecamatan Sario, kemarin. Dalam pemantauan, wawali menemukan tumpukan sampah di areal DAS tersebut. Belakangan, wawali semakin intens turun lapangan untuk memantau kebersihan dalam rangka penilaian tahap pertama Adipura. Sedangkan Camat Sario diminta lebih pro aktif memantau sektor kebersihan dan keamanan wilayah.(*)