Banggai gunakan listrik pintar 100 persen - PLN Suluttenggo Raih Rekor Muri



LISTRIK pintar yang terus digalakkan PT PLN (Persero) Wilayah Suluttenggo menuai catatan sejarah yang pantas dicatat dalam Muri (Museum Rekor Indonesia). Tinta manis ini terukir lewat pelayanan PLN Suluttenggo di area Luwuk, yang mampu melaksanakan migrasi penggunaan kWh meter pelanggan di Kabupaten Banggai Kepulauan, dari sistem pasca bayar ke listrik pintar.
Kegiatan ini berhasil mendapatkan penghargaan Muri dengan kategori Unit PLN Area yang mampu menjadikan Kabupaten Kepulauan (Kabupaten Banggai Kepulauan) menggunakan listrik pintar 100 persen.

Acara ini dihadiri Direktur Operasi PLN Indonesia Timur Ir Vickner Sinaga MM, Wakil Bupati Kabupaten Banggai Kepulauan Drs H Zakaria Kumindang, General Manager PLN Suluttenggo Ir Santoso Januwarsono MM MA, Kapolres Kabupaten Banggai AKBP Drs Suliono dan General Manager Muri Paulus Pangka.
Manajer Area Luwuk Ir R Gumpar Hutasoit MH dalam laporannya menyatakan, pengguna listrik pintar di kabupaten ini baru sekitar 5.000 pelanggan dan dengan berbagai usaha yang dilakukan sejak tanggal 8 Oktober 2012, PLN Area Luwuk melakukan migrasi ke listrik pintar sebanyak 10.000 pelanggan dalam jangka waktu 10 hari dengan menggunakan tenaga kerja sebanyak 200 orang yang diambil dari beberapa daerah.
General Manager PLN Wilayah Suluttenggo, Ir Santoso Januwarsono MM MA dalam sambutannya menyampaikan selamat kepada pemerintah dan masyarakat Kabupaten Banggai Kepulauan yang telah mencatatkan diri di Muri sebagai kabupaten kepulauan pertama yang menggunakan listrik pintar 100 persen.
“Seluruh Pembangkit di Kabupaten Banggai Kepulauan masih menggunakan bahan bakar diesel dan dalam waktu dekat akan dibangun PLTM yang bersumber dari Danau Alani dengan daya 5,3 MW yang nantinya secara berangsur dapat memperkecil penggunaan bahan bakar minyak,” kata pak Janu, sapaannya.
Piagam rekor Muri diserahkan oleh Senior Manager Muri, Paulus Pangka kepada Manajer PLN Area Luwuk, Rino Gumpar Hutasoit yang juga dihadiri oleh Direktur PLN Operasi Indonesia Timur, Vickner Sinaga. Penghargaan yang sama juga diterima oleh Kabupaten Banggai Kepulauan sebagai Kabupaten Kepulauan yang 100 persen pelanggannya menggunakan listrik pintar.
Dalam sambutannya, Vickner Sinaga menjelaskan pemanfaatan Listrik Pintar dengan kWh meter sistem pasca bayar akan mengubah pola pemakaian listrik masyarakat menjadi lebih hemat. “Efisiensi di PLN secara keseluruhan bisa dialokasikan untuk pengembangan energi terbarukan dari potensi setempat yang ada,” katanya.
Selain itu, penghargaan Rekor Muri Juga diberikan kepada General Manager PLN Wilayah Suluttenggo, Ir Santoso Januwarsono, sebagai Unit PLN Wilayah yang mampu menjadikan Kabupaten Kepulauan (Kabupaten Banggai Kepulauan) menggunakan Listrik Pintar 100 persen.(ami)

Comments   

 
0 #1 acili 2013-01-09 00:10
kami masyarakat banggai kepulauan sll mendukung programnya pln yaitu dari sistem pascabayar ke listrik pintar,tapi mengapa sampai bangkep blm seluruhnya menikmati lampu menyala 1x24jam khususnya kec totikum dan totikum selatan,itu jg mash sll padam2 dan tidak sesuai waktunya!!!teri makasih!!!
Quote
 

Add comment


Security code
Refresh

Written by Opex

News Most Viewed

Bahas Rencana Judicial ...

Manado, KOMENTAR - Sedikitnya 85 pimpinan ...

ARTI SEBUAH KEMERDEKAAN ...

Baru-baru ini bangsa Indonesia merayakan ...

Enam Bocah Kena DBD,  ...

Manado, KOMENTAR - Wilayah Kelurahan Kombos ...

Tiap Fraksi dan Komisi ...

Manado, KOMENTAR - Jelang akhir masa periode ...

Siswa SMA/SMK Diimbau ...

Manado, KOMENTAR - Pengumuman kelulusan ...

Developer Sulut Belum ...

KUALITAS developer Sulut masih di bawah ...

Locations

  • Kompleks Ruko Megamas, Blok IB No. 38, Manado
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.  
  • (0431) 879799

Gallery

      DAS KOTOR: Wakil Walikota Manado Harley AB Mangindaan melakukan pemantauan ke DAS Tondano di Kecamatan Sario, kemarin. Dalam pemantauan, wawali menemukan tumpukan sampah di areal DAS tersebut. Belakangan, wawali semakin intens turun lapangan untuk memantau kebersihan dalam rangka penilaian tahap pertama Adipura. Sedangkan Camat Sario diminta lebih pro aktif memantau sektor kebersihan dan keamanan wilayah.(*)