Akibat Banjir, Puluhan Desa Masih Terisolir di Bolsel

 


Puluhan desa terisolasi akibat banjir yang menggenangi rumah-rumah penduduk di Kecamatan Pinolosian Tengah dan Timur, sejak Rabu lalu. Warga di Desa Dumagin A, Dumagin B, Desa Posilagon, Desa Perjuangan Desa
Onggunoi dan masih banyak lagi terpaksa harus mengungsi di pegunungan karena takut air yang bersumber dari sungai itu terus meluap.

Sejumlah instasnsi teknis terkait seperti Dinas Kehutanan dan Perkebunan, Dinas Sosial dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah yang dipimpin langsung oleh Wakil Bupati Bolmong Selatan, Syamsul Bachri Badu, turun ke lokasi banjir. Informasi yang diperoleh dari Dinas Kehutanan dan Perkebunan menyebutkan, banjir yang menggenangi rumah penduduk bersumber dari sungai-sungai yang meluap dan disusul tingginya curah hujan yang berlangsung selama sehari penuh.
“Banyak desa yang terisolasi dan warga harus mengungsi ke gunung. Pohon-pohon dan tiang listrik juga tumbang karena longsor. Jadi pasokan listrik di Pinolosian bersatu putus,” kata Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan Ir Sugeng Purwono, kepada wartawan, Kamis kemarin, yang sempat turun ke lokasi banjir.
Wakil Bupati Bolmong Selatan Syamsul Bachri Badu kembali mengingatkan kepada warga, terutama di desa-desa yang berpotensi banjir, agar selalu waspada dan mencermati perubahan cuaca yang tidak disangka-sangka.
“Bupati juga telah menginstruksikan kepada seluruh instansi teknis terkait, agar tetap waspada dan siap siaga bilamana terjadi banjir susulan. Karena cuaca saat ini cenderung berubah-ubah dan ekstrim,” kata Syamsul.(fai)

Add comment


Security code
Refresh

Written by Opex

News Most Viewed

Utusan Bolmong Wakili ...

 


Manado, KOMENTAR - Menjadi suatu ...

ARTI SEBUAH KEMERDEKAAN ...

Baru-baru ini bangsa Indonesia merayakan ...

Pendapatan PD Pasar ...

 


Manado, KOMENTAR - Pendapatan ...

Manajer Projek Cowater ...

Manado, KOMENTAR - Propinsi Sulawesi Utara ...

Siswa SMA/SMK Diimbau ...

Manado, KOMENTAR - Pengumuman kelulusan ...

Tenaga Kerja Sulut Tidak ...

 


PEMBERLAKUAN Masyarakat Ekonomi ASEAN ...

Locations

  • Kompleks Ruko Megamas, Blok IB No. 38, Manado
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.  
  • (0431) 879799

Gallery

      DAS KOTOR: Wakil Walikota Manado Harley AB Mangindaan melakukan pemantauan ke DAS Tondano di Kecamatan Sario, kemarin. Dalam pemantauan, wawali menemukan tumpukan sampah di areal DAS tersebut. Belakangan, wawali semakin intens turun lapangan untuk memantau kebersihan dalam rangka penilaian tahap pertama Adipura. Sedangkan Camat Sario diminta lebih pro aktif memantau sektor kebersihan dan keamanan wilayah.(*)