Harga Cengkih di Sangihe Capai Rp 125 Ribu

Tahuna, KOMENTAR-Harga cengkih dalam beberapa hari ini mengalami kenaikan Rp 125 ribu perkilogram dari harga sebelumnya  berada di kisaran Rp 121 ribu perkilogram.
Hal ini dibenarkan Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi Pasar dan UKM Sangihe, Jefry Tilaar SE MSi.  “Memang  saat ini  harga cengkih mengalami kenaikan 3,3 persen di pasaran,” kata Tilaar. Ia mengatakan, dalam beberapa hari belakangan ini  harga cengkih ini terus akan mengalami kenaikan,  padahal saat ini bukan musim panen raya.

Namun lantaran  stok cengkih sekarang ini pabrik pabrik masih kurang dan hal ini  dapat dilihat bahwa pedagang saat ini berlomba lomba  untuk membeli cengkih  mentah. “Cengkih tidak bisa diprediksi harganya naik sampai angka berapa.  Namun  yang pasti akan naik secara perlahan apalagi untuk saat ini bukan musim panen raya,” ujarnya.
Selain cengkih,  yang mengalami kenaikan yakni,  harga kopra dari Rp 3.900 menjadi Rp 4.200 perkilogram dan kopra harian dari Rp3. 200 menjadi Rp3.500 perkilogram.  Sedangkan untuk Pala A dari Rp 62 ribu  turun menjadi Rp 60 ribu perkilogram.  “Tentunya pemerintah sangat berharap harga komoditi unggulan seperti Kelapa, Cengkih dan Pala dapat terus mengalami kenaikan. Sehingga para ekonomi petani semakin membaik,” tuturnya.(ric)

Add comment


Security code
Refresh

Written by Steven Tirukan

News Most Viewed

Hari Ini, Umat Katolik ...

Manado, KOMENTAR - Jumat (18/04) seluruh ...

ARTI SEBUAH KEMERDEKAAN ...

Baru-baru ini bangsa Indonesia merayakan ...

Kalah Perang, 17 ...

Manado, KOMENTAR - Hampir seluruh kecamatan ...

5.000 Orang Sangihe ...

Manado, KOMENTAR - Kepala Badan Pengelola ...

304 Siswa se-Sulut ...

Manado, KOMENTAR - Berdasarkan data ...

AS Beli 3.000 Ton CCO ...

Pada pekan kedua April 2014 lalu, Sulut ...

Locations

  • Kompleks Ruko Megamas, Blok IB No. 38, Manado
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.  
  • (0431) 879799

Gallery

      DAS KOTOR: Wakil Walikota Manado Harley AB Mangindaan melakukan pemantauan ke DAS Tondano di Kecamatan Sario, kemarin. Dalam pemantauan, wawali menemukan tumpukan sampah di areal DAS tersebut. Belakangan, wawali semakin intens turun lapangan untuk memantau kebersihan dalam rangka penilaian tahap pertama Adipura. Sedangkan Camat Sario diminta lebih pro aktif memantau sektor kebersihan dan keamanan wilayah.(*)