Tim Kementerian Kesehatan Survei Kota Bitung

 


Bitung, KOMENTAR - Target meraih penghargaan kota sehat yaitu Swastisaba Wistara yang kedua, nampaknya tinggal selangkah lagi. Hal ini ditandai dengan adanya kunjungan dari Kementerian Kesehatan yang melakukan survey di Kota Bitung Rabu (24/04) kemarin.
Kunjungan tim yang diwakili Yon Ferry selaku Kepala Seksi Standarisasi Subsit Penyehatan Kawasan Sanitasi Darurat Direktorat Penyehatan Lingkungan Kementerian Kesehatan RI, ternyata sangat memuji pesona alam Kota Bitung yang elok nan perawan apalagi sektor pariwisatanya.
“Salah satu unsur yang dapat mendongkrak akan nilai dalam merebut akan penghargaan Swastisaba Wistara yaitu tatanan yang meliputi sarana prasarana umum seperti pasar sehat. Pasar sehat merupakan unsur penting yang dinilai dalam kota sehat tahun 2013 yang diharapkan dapat mendongkrak nilai dari Kota Bitung untuk merebut kembali kota sehat Swastisaba Wistara,” paparnya.

Menurutnya, pasar sehat merupakan unsur penting yang akan dinilai sebagaimana yang diatur dalam Peraturan Presiden nomor 112 tahun 2007 tentang Penataan dan Pembinaan Pasar Tradisional, Pusat Perbelanjaan dan Toko Modern.
Hal ini juga menurut Yon  Ferry diatur dalam Peraturan Bersama Menteri Dalam Negeri dan Menteri Kesehatan Nomor 34 Thun 2005 Nomor 1138 tahun 2005 serta Kepmenkes Noro 519 tahun 2008 tentang Pedoman Penyelenggaraan Pasar Sehat. “Bitung sudah meraih Swastisaba Wistara pada tahun 2011 lalu, untuk mempertahankan ini maka salah satunya yakni wajib adanya pasar sehat,” jelasnya didampingi Kadis Kesehatan dr Vonny Dumingan MKes dan  dr Elisabeth Sompotan Kabid PMK  saat memberikan pembinaan kepada sejumlah Pengurus Forum Kota Sehat (FKS) Bitung dan para Kepala Puskesmas se Kota Bitung, Rabu (24/04) di Kantor Dinas Kesehatan Kota Bitung.
Usai melaukan dialog, tim melakukan peninjauan lapangan di klinik kesehatan warga di Kelurahan Bitung tengah, tempat pembuangan akhir (TPA) sampah di Kelurahan Winenet, Kelurahan Girian Bawah, Kelurahan Tendeki dan terkahir di Pasar Pinasungkulan Sagerat Kecamatan Matuari. “Pasar sehat Pinasungkulan ini sudah baik tinggal akan ditata dan dibenahi kembali beberapa sarana pendukungnya seperti sistem sanitasi pasar dan tempat pengelolaan limbahnya agar ditingkatkan,” ujarnya.(nan)

Add comment


Security code
Refresh

Written by Opex

News Most Viewed

Peraih Medali Perunggu ...

Manado, KOMENTAR - MAN Model Manado ...

ARTI SEBUAH KEMERDEKAAN ...

Baru-baru ini bangsa Indonesia merayakan ...

CAT digelar di Kantor ...

 


Manado, KOMENTAR - Pemerintah Kota ...

Gubernur dan Burgos ...

 


Manado, KOMENTAR - Gubernur Sulut Sinyo ...

Implementasi K13 Dinilai ...

Manado, KOMENTAR - Penerapan Kurikulum 2013 ...

Agustus, Manado Deflasi ...

SETIAP  bulan Agustus, sejak tahun 2009 ...

Locations

  • Kompleks Ruko Megamas, Blok IB No. 38, Manado
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.  
  • (0431) 879799

Gallery

      DAS KOTOR: Wakil Walikota Manado Harley AB Mangindaan melakukan pemantauan ke DAS Tondano di Kecamatan Sario, kemarin. Dalam pemantauan, wawali menemukan tumpukan sampah di areal DAS tersebut. Belakangan, wawali semakin intens turun lapangan untuk memantau kebersihan dalam rangka penilaian tahap pertama Adipura. Sedangkan Camat Sario diminta lebih pro aktif memantau sektor kebersihan dan keamanan wilayah.(*)